Posted by: Inyong's | November 16, 2010

4 Cara Tanamkan Kedisiplinan Pada Anak

Sikap disiplin harus mulai diajarkan mulai awal tahun. Mengajarkan balita Anda sikap disiplin bisa menjadi hal yang efektif untuk kehidupannya dewasa nanti.

Namun, bukan berarti hal ini mudah dilakukan. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat mengajarkan kedisiplinan pada balita Anda, seperti yang dikutip dari ehow.

1. Berikan contoh
Usia antara tiga hingga lima tahun merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk mengkomunikasikan tentang peraturan di rumah. Pada usia ini, usahakan mulai
berdialog dengannya untuk menjelaskan apa yang Anda inginkan darinya dan jangan lupa memberikan contoh karena ia jelas akan meniru Anda.

2. Hindari berteriak atau menjerit
Saat Anda memberitahu si kecil dengan cara berteriak atau menjerit, dia akan berpikir bahwa komunikasi seperti itu bisa diterima. Buruknya, ia akan mengikuti cara Anda tersebut. Sebaiknya jaga intonasi suara Anda kecuali jika si kecil dalam keadaan yang berbahaya.

3. Tetap positif
Hindari kata-kata seperti, ‘tidak’, ‘hentikan’ atau ‘jangan’. Gantilah kata-kata tersebut dengan kalimat positif seperti, “mama akan sangat senang bila kamu mau membersihkan mainanmu, sayang”.

4. ‘Tolong’ dan ‘terimakasih’
Biasakan si kecil untuk selalu sopan saat ia menginginkan sesuatu dan selalu memberikan penghargaan setelah orang lain melakukan atau memberikan sesuatu untuknya. Kebiasaan ini akan mengajarkan dia untuk menghormati orang lain.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: