Posted by: Inyong's | December 30, 2009

Berapa Lama ASI Bisa Disimpan?

Idealnya, Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan utama bayi selama 6 bulan pertamanya. Namun, ada kalanya ibu harus terpisah dari si bayi. Tak jarang ibu harus menyimpan ASI-nya di dalam lemari pendingin. Namun, seberapa lama ASI bisa disimpan hingga kandungannya berkurang dan sebaiknya tidak dipakai lagi?

Menurut laporan yang disiarkan oleh Reuters, ASI bisa disimpan di dalam lemari pendingin selama 4 hari sebelum nilai kandungannya berkurang dan terkontaminasi bakteri. Namun, tentunya ini berpengaruh pula dengan cara penyimpanannya. Idealnya ASI digunakan dalam jangka waktu 2-3 hari setelah diperas. Namun secara umum, ASI bisa disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 4 derajat Celsius tanpa berkurang kualitasnya selama 5-8 hari.

Sekumpulan peneliti dari  North Shore University Hospital, New York meneliti ASI dari 36 ibu, lalu menyimpannya di dalam lemari pendingin suatu neonatal intensive care unit (NICU). Susu-susu ini diperoleh dengan metode breast pump dari para relawan yang baru memiliki bayi 1 bulan. ASI disimpan di dalam lemari es dengan pendinginan 4 derajat Celsius, lalu dites setelah  24, 48, 72, dan 96 jam.

Selama masa penelitian itu, para peneliti menyatakan tidak menemukan adanya perbedaan berarti terhadap komposisi ASI -termasuk perubahan dalam level bakteria, keasaman, dan protein daya tahan tubuh dari ibu, asam lemak baik, dan protein.

Richard J. Shanler, kepala penelitian ini menyatakan dalam Journal of Pediatrics, bahwa ASI masih baik digunakan setelah disimpan hingga 96 jam dan komposisinya belum rusak. Memang, penelitian tersebut dilangsungkan di dalam sebuah NICU, namun hasil penelitian tersebut masih relevan dengan penyimpanan di rumah, bahwa ASI sebaiknya segera dikonsumsi dalam waktu beberapa hari penyimpanan.

Mengenai penyimpanan di rumah, para ahli menyarankan untuk menggunakan wadah penyimpanan tertutup dari kaca atau plastik yang tidak mengandung zat kimia bisphenol A. Sebaiknya setiap wadah penyimpanan diberi label tanggal penyimpanan. Setiap menaruh stok baru, simpan wadah di tempat paling belakang lemari pendingin yang suhunya 4 derajat Celsius atau lebih dingin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: