Posted by: Inyong's | April 14, 2009

BAYI 0 – 1 BULAN

BAYI 0 – 1 BULAN

“Kelekatan” hanya bisa tercipta jikalau anda mengenal bayi anda dan anda hanya bisa mengenal bayi anda jikalau anda mengurus sendiri bayi anda sejak awalnya. Jika anda sedang menantikan kelahiran bayi pertama, saya anjurkan untuk memilih “lahir normal” (jika memungkinkan). Sekalipun kedengarannya lebih mengerikan dibandingkan dengan operasi, kelahiran normal memberikan ‘memory’ tersendiri antara anda-suami-anak. “Memory” itu dapat mempererat hubungan anda dengan bayi anda dan juga antara suami dan bayi anda.Saya juga anjurkan anda untuk memilih tidur sekamar dengan bayi anda. Jikalau suami tidak keberatan, keberadaan ayah di tengah malam sangatlah menolong. Memang sangat melelahkan. Jikalau kelahiran bayi anda normal anda anda cukup sehat, usahakanlah untuk tidur bersama bayi anda. Paling sedikit ranjang bayi diletakkan di dekat kamar anda. Jangan biarkan baby sitter menikmati kenangan indah yang hanya beberapa bulan saja. Memang pada usia itu si bayi tidak terlalu perduli siapa yang mengurusnya, akan tetapi justru anda yang perlu perduli siapa yang anda urus. Anda perlu membina rasa ‘sayang’ kepada bayi anda melalui rasa lelah mengganti popok yang tak berkeputusan, “never ending night feeding” (menyusu terus-menerus) sampai sakit pinggang, menina bobokan si kecil yang matanya masih melotot selagi mata anda tinggal separoh, dll.Tanpa anda menyadari, anda sebenarnya sedang menanamkan bibit cinta kasih pada diri si bayi yang suatu saat akan memberikan respon balik yang positif pada anda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengembangkan bakat dan memberikan suasana rohani pada bayi anda: 

 

  • Nyanyikan lagu-lagu rohani yang riang, jangan tawar hati jika si bayi tidak memberikan respond apa-apa. Suami saya senang menyanyikan lagu “Dengar Dia Panggil Nama saya” sambil bermain-main dengannya. Sekarang dia sangat peka kalau mendengar lagu itu. Hampir setiap kali ia mendengar lagu itu, ia memberikan reaksi tersenyum atau tertawa. Bahkan pernah saat dia tidur (usia 2 bulan), papanya menyanyikan lagu itu, ia mulai terbangun dan tersenyum.   

  • Putarkan lagu-lagu klasik (Beethoven, Mozart, Bach, dll.) pada saat anda menyusui atau memandikan si bayi. Menurut Sinichi Suzuki, jika lagu-lagu sulit karya tertentu terus diputarkan dalam waktu lima bulan dia akan mengingat lagu tersebut dengan lengkap. Pada usia lima bulan ia akan tersenyum dan mulai bergerak mengikuti irama lagu yang ia kenal 1). Pada saat usia pendidikan musik dimulai, ia dapat dengan mudah menguasainya.   

  • Berbicaralah atau karanglah lagu sendiri pada saat menggantikan popok, menjemur, memandikan, menidurkan. Si bayi tidak perduli kualitas lagu anda, yang dia perdulikan adalah suara yang sama yang terus berbunyi di dekatnya. Dalam perkembangan selanjutnya nanti dia akan lebih cepat memberikan respond (mengoceh) pada saat anda menyanyi atau mengajaknya berbicara.   

  • Anda juga dapat mengajaknya berdansa. Gendonglah dengan posisi tegak dan saling berhadapan (seperti jika anda ingin membuatnya bertahak). Kemudian nyanyikanlah lagu-lagu rohani yang riang. Berdansalah dengan bayi anda. Pandanglah matanya selama anda berdansa. Kontak seperti ini akan mempererat hubungan anda dan bayi anda 2). Daya lihat bayi yang baru lahir sangatlah terbatas pada jarak yang dekat, yaitu jarak pasangan yang berdansa atau jarak ibu yang sedang menyusui 3). Bayi anda akan menikmati dan kadang-kadang ia tertidur sewaktu berdansa. Dan andapun akan bisa lebih menikmati kebersamaan dengan bayi anda.   

  • Ucapkan doa-doa singkat dengan bersuara pada bayi anda dalam keadaan segar, khususnya pada saat anda menyusui atau memberi susu botol. Cara ini sekedar membentuk kebiasaan anda untuk mengajaknya berdoa senantiasa. Dengan berdoa, anda juga dapat menyusui dengan hati yang tenang. Menyusui adalah saat yang paling efektif untuk membina kelekatan dengan bayi. Kebanyakan ibu-ibu memekai 70% dari waktu untuk meyusui untuk memandang bayinya. Bayi belum bisa melihat wajah ibu secara lengkap, hanya garis besar yang buram. Akan tetapi gerakan muka dan mata ibu sangat menarik bagi bayi 4). Jika anda tidak bisa memproduksi ASI, andapun dapat tetap menyusui dengan botol dalam jarak yang dekat. Sekalipun menyusui dengan botol merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan oleh baby-sitter, usahakanlah seseirng mungkin memberikan susu sendiri.   

  • Usahakan untuk berdoa malam bersama suami di dekat bayi anda, setelah anda menidurkannya di malam hari.   

  • Nyanyikanlah lagu-lagu rohani pada saat anda menidurkan bayi anda. Jika ini terus menerus dilakukan, bayi anda akan cepat merasa betah dengan menyanyikan lagu-lagu yang sudah dikenalnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: